FAQ DINARAN

Berikut FAQ yang berlaku dalam menggunakan aplikasi Dinaran

SEPUTAR DINARAN

  • 1. Apa Itu Dinaran ?

    Dinaran merupakan sebuah aplikasi penjualan emas fisik digital karya anak bangsa yang dapat menjadi alternatif investasi serta solusi bagi keuangan kamu. Dengan bergabung bersama Dinaran maka “Uang Anda Seolah Memiliki Underlying Emas” sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi terhadap inflasi atas setiap rupiah yang kamu miliki di Aplikasi Dinaran.
  • 2. Apakah Dinaran Sudah Memiliki Izin ?

    Dinaran memiliki legalitas perusahaan yang sah secara hukum yang tercatat dalam Kementrian Hukum dan HAM sesuai peraturan Perundang-undangan yang berlaku (UU PT No. 40 Tahun 2007).

    itu, Penjualan Emas Fisik Secara Digital telah diatur oleh Bappebti berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Ketentuan Teknis Penyelenggara Pasar Fisik Emas Digital Di Bursa Berjangka. Saat ini Dinaran bersama dengan seluruh lembaga pemerintahan terkait sedang dalam proses penyesuaian dan sosialisasi pelaksanaan peraturan. Dinaran memiliki komitmen kuat untuk mematuhi regulasi serta mengikuti seluruh arahan yang diberikan. Diharapkan seluruh proses perizinan dapat selesai dalam waktu yang tidak lama lagi.
  • 3. Jika Saya Melakukan Investasi Emas Melalui Aplikasi Dinaran, Bagaimana Status Emas Fisik Saya ?

    Dinaran adalah platform jual beli emas fisik secara digital, sehingga setiap transaksi pembelian Emas kamu akan dicover oleh Emas Fisik yang tersimpan dengan Aman di tempat penyimpanan milik Dinaran. Setelah proses perizinan selesai, maka Emas Fisik akan disimpan pada Lembaga Depository yang ditunjuk sesuai ketentuan yang berlaku.
  • 4. Apakah Dinaran benar benar memiliki emas fisik sebagai kepastian “Underlying”?

    Dinaran adalah platform jual beli emas digital sesuai dengan Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 4 Tahun 2019 dimana setiap transaksi yang terjadi melalui platform Dinaran wajib memiliki underlying emas fisik. Dengan demikian, Dinaran benar-benar memiliki underlying emas fisik dan akan diawasi jumlahnya oleh Bappebti secara berkala.

    Serta atas alasan keamanan, maka platform tidak diperkenankan memberikan dokumentasi penyimpanan emas fisik kepada publik di luar yang diizinkan oleh Regulator.
  • 5. Jika harga emas turun apakah saldo kita ikut turun ?

    Di aplikasi Dinaran kamu akan melihat dua jenis saldo yaitu Saldo Rupiah dan Saldo Emas.

    Saldo Emas kamu tidak akan berubah kecuali kamu melakukan Transaksi Jual ataupun Beli. Sementara Saldo Rupiah kamu akan berubah sesuai harga market yang berlaku di aplikasi Dinaran saat itu.

    Jadi jangan khawatir lagi ya. Saldo emas kamu tetap aman kan.
  • 6. Bagaimana Keamanan Data Serta Saldo Pengguna Aplikasi Dinaran ?

    Saat ini Dinaran telah bekerja sama dengan Payment Gateway sistem dari Ipaymu, sehingga dapat menerima berbagai metode pembayaran melalui Virtual Account, QRIS Code maupun Convenience Store (Alfamart & Indomaret).

FITUR DINARAN

  • 1. Fitur Apa Saja Yang Tersedia Dalam Aplikasi Dinaran ?

    • • BELI EMAS
    • • JUAL EMAS
    • • BERI EMAS KE SESAMA PEMILIK AKUN DINARAN
    • • CETAK EMAS FISIK
  • 2. Bagaimana Caranya Jika Saya Ingin Bergabung ?

    Kamu dapat bergabung dengan cara mendownload aplikasi Dinaran (saat ini baru tersedia di Playstore), selanjutnya kamu bisa melakukan tahapan berikut :

    • Buka aplikasi Dinaran kamu lalu klik “Register”
    • Isi form yang tersedia
    • Periksa email kamu untuk lakukan verifikasi akun baru kamu
    • Klik link verifikasi
    • Selamat kamu telah berhasil bergabung bersama Dinaran.
  • 3. Mengapa Saya Harus Melakukan Verifikasi Akun Saya ?

    Seluruh pemilik akun Dinaran harus melewati proses E-KYC guna perlindungan konsumen, sehingga Dinaran memberlakukan kebijakan hanya Pengguna yang telah ter-verifikasi yang dapat menggunakan seluruh fitur layanan di Aplikasi Dinaran.
  • 4. Bagaimana Caranya Melakukan Verifikasi Akun Dinaran Saya ?

    Setelah kamu berhasil melakukan registrasi maka kamu dapat mengajukan permohonan verifikasi akun kamu.

    Berikut langkah-langkah Permohonan Verifikasi Akun :
    • Login akun kamu
    • Klik tombol verifikasi pada kotak berwarna ungu bertuliskan “Verifikasi Sekarang” di aplikasi Dinaran
    • Isi seluruh data pada form yang tersedia hingga selesai
    • Pihak Dinaran akan melakukan pengecekan permohonan secara berkala
    • Pihak Dinaran berhak melakukan penolakan apabila terdapat ketidaksesuaian data dengan memberitahukan alasan penolakannya
    • Kamu dapat mengajukan permohonan ulang kembali setelah melakukan perbaikan data hingga akun kamu berhasil di verifikasi oleh pihak Dinaran.
    • Kamu akan menerima notifikasi melalui email untuk status permohonan verifikasi kamu
  • 5. Berapa Minimum Investasi Awal Diaplikasi Dinaran ?

    Untuk investasi awal setara 0,5 gram ya. Selanjutnya kamu bebas transaksi berapapun.
  • 6. Bagaimana Caranya Melakukan Transaksi Pembelian Emas Di Aplikasi Dinaran ?

    Setelah kamu berhasil melakukan aktivasi akun kamu, maka kamu sudah dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia termasuk pembelian Emas.

    Berikut langkah-langkah transaksi pembelian Emas :
    • Login Akun kamu dan pastikan akun kamu sudah dilakukan verifikasi
    • Klik Menu Beli Emas Pada Aplikasi Dinaran
    • Masukan jumlah pembelian yang kamu inginkan
    • Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan
    • Tunggu hingga kamu mendapatkan notifikasi Pembelian Berhasil
    • Cek Saldo pada akun Dinaran kamu
    • Kamu juga bisa melakukan pengecekan transaksi kamu secara berkala melalui menu Transaksi di layar utama
    • Jika terdapat kesalahan maupun kendala silahkan hubungi Customer Care Dinaran
  • 7. Pilihan Pembayaran Apa Saja Yang Tersedia Untuk Melakukan Transaksi Pembelian ?

    Saat ini Dinaran telah bekerja sama dengan Payment Gateway sistem dari Ipaymu, sehingga dapat menerima berbagai metode pembayaran melalui Virtual Account, QRIS Code maupun Convenience Store (Alfamart & Indomaret).

    Untuk detail cara pembayaran bisa cek di https://dinaran.id/panduan-pembayaran
  • 8. Bagaimana Caranya Melakukan Transaksi Penjualan Emas Di Aplikasi Dinaran ?

    Setelah kamu berhasil melakukan aktivasi akun kamu, maka kamu sudah dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia termasuk penjualan Emas yang sangat fleksibel.

    Berikut langkah-langkah transaksi penjualan Emas :
    • Login Akun kamu dan pastikan akun kamu sudah berstatus “Verified”
    • Klik Menu Jual Emas Pada Aplikasi Dinaran
    • Pilih satuan penjualan, Gramasi atau Rupiah lalu masukan nominal yang kamu inginkan
    • Periksa kembali nomor rekening bank yang tertera di layar aplikasi lalu tekan YA
    • Masukkan kata sandi akun kamu untuk security access
    • Transaksi Jual Emas kamu sudah Berhasil
    • Cek Saldo pada akun Dinaran kamu
    • Kamu juga bisa melakukan pengecekan transaksi kamu secara berkala melalui menu History Transaksi di aplikasi Dinaran
    • Jika terdapat kesalahan maupun kendala silahkan hubungi Customer Care Dinaran
  • 9. Kenapa saldo saya berkurang? Tidak sesuai yang saya transfer ?

    Sebelumnya kami informasikan bahwa pada aplikasi Dinaran kamu akan melihat dua jenis saldo yaitu Saldo Rupiah dan Saldo Emas.

    Lalu terkait pertanyaan kamu,
    Saldo Rupiah yang terdapat di akun dinaran kamu saat ini mengacu pada Jumlah Gramasi yang kamu miliki x Harga Jual yang berlaku saat ini dan sifatnya berubah-ubah setiap harinya sesuai harga pasar.

    Sementara Saldo Emas mengacu pada jumlah akumulasi gramasi emas yang kamu miliki dan sifatnya tetap meski harga emas mengalami perubahan.

    Misal harga jual beli emas hari ini Rp 928.000 dan harga jualnya Rp 893.000.
    Lalu kamu melakukan pembelian emas sebesar Rp 500.000, maka Saldo Emas kamu tertera setara dengan 0,53 gram (nominal pembelian : harga beli) dan Saldo Rupiah kamu tertera senilai Rp 481.142 (gramasi emas x harga jual)

    Itulah yg Dinaran sebut kekuatan emas sebagai underlying rupiah akan tetap stabil nilainya (akan tetap sama jumlah gramasinya hingga kapanpun).

DEBIT CARD – IDCASH

  • 1. Bagaimana cara memperoleh Kartu Debit Dinaran ?

    Saat ini fitur jual emas sudah tersedia di Aplikasi Dinaran. Kamu bisa langsung memperoleh hasil penjualan emas kamu untuk di transfer ke Rekening Pribadi yang sudah kamu daftarkan atau ke Rekening Idcash.

    Dengan mendaftar Rekening Idcash, kamu akan memperoleh Debit Card Dinaran. Ayo segera lakukan transaksi dan pastikan kamu sudah melakukan verifikasi akun kamu. Kartu Dinaran akan langsung dikirim ke alamat pribadi kamu.
  • 2. Bagaimana Caranya Melakukan Transaksi Menggunakan Kartu Debit Dinaran ?

    Dinaran akan segera meluncurkan Fitur “Sinkronisasi Idcash”, dimana dengan mengaktifkan fitur ini maka kamu akan terdaftar menjadi nasabah Idcash dan mendapatkan satu buah Kartu Debit Dinaran yang dapat kamu gunakan untuk Transaksi Tarik Tunai di seluruh ATM jaringan GPN, ALTO, PRIMA serta berbelanja di Merchant melalui mesin EDC berlogo GPN.
  • 3. Apa yang dimaksud Sinkronisasi Idcash ?

    Sinkronisasi idcash merupakan fitur tambahan yang disediakan oleh Aplikasi Dinaran sebagai penunjang Kartu Debit Dinaran, dimana dengan mengaktifkan fitur ini maka kamu akan terdaftar menjadi nasabah idcash serta memiliki rekening yang bisa kamu gunakan sebagai rekening penampung transaksi jual emas kamu di aplikasi Dinaran.

    Pada aplikasi Dinaran akan terdapat menu khusus idcash dimana kamu bisa mengecek jumlah saldo yang tersisa dalam kartu debit kamu, melakukan pengaktifan kartu, merubah pin kartu hingga pemblokiran kartu jika terjadi sesuatu terhadap kartu debit kamu, kapan saja cukup dari satu buah aplikasi.
  • 4. Mesin ATM atau mesin EDC mana saja yang bisa digunakan untuk tarik tunai ?

    Kartu Debit Dinaran kamu bisa dilakukan untuk transaksi Tarik Tunai di seluruh ATM maupun berbelanja di merchant yang menggunakan mesin EDC berlogo GPN, ALTO maupun PRIMA ya. Mudah kan?

KENDALA YANG UMUM TERJADI

  • 1. Saya sudah verifikasi email tetapi keterangannya “user not found?”

    Jika hal tersebut terjadi pada akun kamu, maka kami menyarankan untuk Logout dan mengulangi Login kembali atau dengan memastikan hanya menggunakan huruf kecil pada saat memasukan email yang terdaftar.

    Jika masih terjadi kendala silahkan hubungi layanan customer care kami.
  • 2. User belum mendapat email verifikasi

    ika hal tersebut terjadi pada akun kamu maka kamu harus menghubungi layanan customer care kami dan memberitahukan kendala yang dimaksud serta melengkapinya dengan informasi berikut :
    Nama lengkap akun :
    Email yang terdaftar :

    Customer Care kami akan lakukan pengecekan terhadap kendala yang kamu alami.
  • 3. Akun dinaran saya tiba-tiba Logout dan tidak bisa masuk Login ?

    Jika hal tersebut terjadi pada akun kamu, maka kami menyarankan untuk mencoba kembali dengan menggunakan sambungan internet (connection) yang lain. Mungkin kendalanya ada pada lemahnya jaringan yang tersedia saat kamu mengakses aplikasi Dinaran.

    Jika masih terjadi kendala silahkan hubungi layanan customer care kami.

PROGRAM RESELLER

  • 1. Apa Saya Bisa Bergabung Menjadi Reseller Dinaran ?

    Saat ini kami belum membuka program untuk Reseller. Namun jangan khawatir, ini hanya bersifat sementara hingga seluruh Fitur Layanan Dinaran tersedia.

    Nantinya kami memiliki program bagi kamu yang berminat menjadi Reseller Dinaran seperti Program Promoter dan Program Member Get Member yang terdaftar pada jaringan promosi Viralmu.id.

LAYANAN BANTUAN PENGGUNA

  • 1. Bagaimana jika Anda membutuhkan bantuan atau memiliki pertanyaan lain ?

    Jika kamu membutuhkan bantuan atau ada pertanyaan lainnya, silahkan hubungi kami melalui saluran berikut ini :
    • Fitur Helpdesk pada Aplikasi Dinaran
    • Layanan Customer Care Whatsapp Business Dinaran (+62 813 1820 5102)
    • Layanan Livechat Website Dinaran
    • Email official Dinaran (support@dinaran.id)
    • Social Media Instagram Official Dinaran @dinaranofficial