Syarat dan Ketentuan

Berikut Syarat dan Ketentuan yang berlaku dalam menggunakan aplikasi Dinaran

Syarat dan Ketentuan Layanan Dinaran

PT. Ciptalintang Aji Dana adalah suatu perseroan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia (“Perusahaan”).

Aplikasi ini merupakan aplikasi perangkat lunak transaksi jual beli emas. Layanan ini merupakan sarana teknologi masa kini untuk memudahkan Pengguna melakukan transaksi jual beli emas melalui layanan perangkat lunak yang disediakan oleh Perusahaan. Perusahaan tidak menjanjikan keuntungan tertentu. Perihal Pengguna memperoleh keuntungan maka itu merupakan kejadian turunan yang dihasilkan atas transaksi jual beli emas itu sendiri, atas dasar perubahan nilai harga wajar mengikuti pergerakan harga emas sesuai standar nilai harga emas dunia.

Penting bagi Perusahaan menjaga kepercayaan pengguna. Untuk itu, Perusahaan perlu Pengguna untuk membaca dan menyetujui langkah-langkah yang Perusahaan terapkan, untuk menjaga kepercayaan Pengguna, yang kami jabarkan dalam syarat dan ketentuan di bawah ini.

Syarat Penggunaan Layanan

Dengan mengunduh, memasang, dan/atau menggunakan Aplikasi DINARAN (“Aplikasi”), Pengguna setuju bahwa Pengguna telah membaca, menerima dan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini (“ketentuan Penggunaan”). Syarat dan ketentuan ini termasuk mengatur Kebijakan Privasi dan Syarat & Ketentuan yang harus disetujui Pengguna. Ketentuan Penggunaan ini merupakan suatu perjanjian sah antara Pengguna dan Perusahaan dan Layanan Aplikasi (sebagaimana didefinisikan dalam ketentuan ini) berlaku pada kunjungan dan penggunaan Pengguna pada Aplikasi maupun pada situs web Perusahaan di www.dinaran.id (“situs web”).

Perusahaan memiliki hak untuk mengubah Syarat & Ketentuan ini termasuk namun tidak terbatas pada Pembaharuan (Update) Aplikasi Dinaran sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna. Perubahan atas Syarat & Ketentuan berlaku sejak saat ditampilkan pada Aplikasi Dinaran. Apabila diperlukan, Perusahaan sewaktu-waktu juga dapat menghentikan layanan yang disediakan dalam Aplikasi Dinaran (baik sementara maupun permanen) karena alasan apapun.

Pengguna hanya dapat mengakses layanan sesuai dengan cara penggunaan yang sah. Perusahaan berhak untuk tidak mengizinkan Pengguna menggunakan layanan bilamana Pengguna menggunakan Aplikasi dan/atau Software yang tidak kompatibel atau tidak sah atau untuk tujuan selain yang dimaksud pada layanan ini. Pengguna dengan ini menyetujui dan membebaskan Perusahaan dari segala bentuk tuntutan atas pelaksanaan hak perusahaan atas seluruh layanan dan fitur-fitur menurut ketentuan ini.

Silahkan membatalkan akun Pengguna (jika Pengguna telah mendaftar dan melakukan registrasi) dan secara permanen menghapus aplikasi dari perangkat Pengguna jika Pengguna tidak setuju atau tidak ingin masuk ke dalam ketentuan Penggunaan Layanan ini.

Ketentuan Persetujuan Pengguna Layanan

Dengan menggunakan layanan ini, Pengguna setuju bahwa:

1. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna adalah Warga Negara Indonesia ataupun Warga Negara Asing yang sah secara hukum serta berhak untuk melakukan perjanjian yang mengikat berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia dan telah memiliki Kartu Identitas Diri Pengguna yang berlaku.
2. Pengguna setuju untuk memberikan informasi yang tepat dan terkini atas penggunaan layanan.
3. Pengguna setuju bahwa Perusahaan dapat mengandalkan informasi pribadi yang Pengguna berikan, dan bahwa seluruh data/identitas/keterangan yang Pengguna berikan kepada Perusahaan meliputi namun tidak terbatas pada data Kartu Identitas Diri, alamat surat elektronik, dan nomor telepon seluler Pengguna adalah benar dan akurat. Apabila ditemui informasi yang Pengguna berikan tidak benar di kemudian hari, maka Perusahaan memiliki hak untuk mengakhiri perjanjian dan penggunaan layanan setiap saat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
4. Dalam hal Pengguna bermaksud untuk mengubah dan/atau memperbaharui informasi pribadi yang telah diberikan dalam layanan ini, maka Pengguna dapat mengajukan permohonan perubahan data kepada Perusahaan. Perusahaan dengan ini, akan membantu Pengguna untuk melakukan verifikasi ulang atas permohonan perubahan tersebut sesuai jam operasional layanan yang berlaku di Perusahaan.
5. Pengguna hanya akan menggunakan layanan ini untuk penggunaan sendiri. Pengguna tidak diperkenankan menyerahkan atau mengalihkan, menggunakan identitas diri atau akun Pengguna milik pihak lain dengan alasan apapun. Pengguna berkewajiban menjaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi akun Pengguna dan setiap identifikasi yang diberikan sepanjang penggunaan layanan kepada Pengguna. Dalam hal terjadi pengungkapan atas kata sandi ataupun izin akses Pengguna, dengan cara apapun, yang mengakibatkan setiap penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan atas akun atau identitas Pengguna, transaksi yang diterima dari penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan tersebut masih akan dianggap sebagai transaksi yang sah, kecuali Pengguna memberitahu Perusahaan mengenai pembatalan dan/atau penangguhan hal tersebut sebelum Perusahaan memberikan Layanan yang diminta.
6. Pengguna hanya dapat menggunakan layanan ketika Pengguna telah mendaftar pada kolom Registrasi Aplikasi Dinaran. Setelah Pengguna berhasil melakukan registrasi, Pengguna akan memperoleh suatu akun pribadi yang dapat diakses dengan kata sandi yang Pengguna pilih.
7. Pengguna hanya akan menggunakan akses atau data Akun sendiri, dan bukan milik pihak lain.
8. Pengguna hanya akan menggunakan layanan untuk tujuan yang sah dan dimaksudkan dalam layanan ini.
9. Layanan yang disediakan berupa jual beli emas merupakan aktivitas yang memiliki resiko. Harga emas sangat fluktuatif, dimana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Perusahaan dalam hal ini mengkategorikan Pengguna telah secara sadar dan mengerti serta telah menggunakan pertimbangan dalam membuat keputusan untuk membeli dan menjual emas melalui aplikasi yang disediakan oleh Perusahaan.
10. Informasi yang diberikan oleh Perusahaan tidak dapat diartikan sebagai suatu saran atau penawaran, keputusan penggunaan layanan untuk membeli, mencetak, dan menjual emas sepenuhnya berada di tangan Pengguna. Pengguna bebas untuk memilih dan menggunakan penyedia layanan sejenis lainnya.
11. Pengguna tidak akan menggunakan layanan untuk kepentingan yang melanggar hukum atau untuk upaya penipuan baik terhadap Perusahaan maupun pihak lainnya.
12. Pengguna tidak akan dengan sengaja maupun tidak sengaja melakukan sesuatu yang menyebabkan kerugian yang berkaitan kepada pihak lain terkait layanan ini.
13. Pengguna tidak akan mencoba untuk melakukan sesuatu yang membahayakan layanan dan Perusahaan dengan cara apapun. Pengguna hanya dapat mengakses layanan sesuai dengan cara penggunaan yang sah. Perusahaan berhak untuk tidak mengizinkan Pengguna menggunakan layanan bilamana Pengguna menggunakan Aplikasi dan/atau Software yang tidak kompatibel atau tidak sah atau untuk tujuan selain yang dimaksud pada layanan ini.
14. Pengguna tidak akan menyalin, atau mendistribusikan content tanpa izin tertulis dari Perusahaan.
15. Pengguna akan tetap menjaga kerahasiaan Akun Pengguna serta segala bentuk izin akses yang terkandung di dalamnya.
16. Pengguna setuju untuk memperlakukan Penyedia Layanan dengan hormat dan tidak akan terlibat dalam perilaku atau tindakan yang tidak sah, mengancam atau melecehkan ketika menggunakan layanan Perusahaan.
17. Pengguna setuju bahwa Pengguna bertanggung jawab penuh atas segala kehilangan, kerusakan dan kerugian yang diderita oleh diri Pengguna, pihak lain, atau Perusahaan yang disebabkan oleh pelanggaran atas Syarat & Ketentuan ini.
18. Pengguna memahami dan setuju bahwa penggunaan Aplikasi oleh Pengguna akan tunduk pula pada Kebijakan Privasi Perusahaan sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan layanan, Pengguna juga memberikan persetujuan sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan Kebijakan Privasi Perusahaan.
19. Perusahaan dapat, berdasarkan kebijakan Perusahaan, memberikan promosi-promosi yang dapat ditukar untuk manfaat terkait dengan penggunaan layanan. Pengguna setuju bahwa Pengguna hanya akan menggunakan promosi tersebut sebagaimana promosi tersebut dimaksudkan dan tidak akan menyalahgunakan, menggandakan, menjual atau mengalihkan promosi tersebut dengan cara apapun sesuai ketentuan yang berlaku pada masing-masing promosi.

Ketentuan Layanan Transaksi

A. Konfirmasi Penggunaan Data Identitas Pengguna
Dalam penggunaan seluruh layanan dan fitur yang tersedia dalam layanan Dinaran, pengguna harus bersedia memberikan informasi berikut :
1. Nama Lengkap Pengguna sesuai Kartu Identitas yang sah dan masih berlaku
2. Informasi Demografis berupa Jenis kelamin, Tanggal Lahir, Pekerjaan dan lainnya
3. Alamat Surat Elektronik (E-mail) Pribadi Pengguna
4. Nomor Kontak Pengguna
5. Foto Diri Terbaru dan Foto Kartu Identitas Pengguna yang sah dan masih berlaku
6. Alamat Pengiriman Surat Menyurat Lengkap

Dinaran menghimbau untuk kepentingan Perusahaan dan Pengguna, agar memasukkan informasi yang benar dan akurat. Dinaran tidak bertangggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat kesalahan informasi yang dilakukan oleh Pengguna.
Pengguna setuju dan memahami atas penggunaan data Pengguna, untuk kepentingan layanan yang diberikan oleh Perusahaan dan mitra usahanya, termasuk namun tidak terbatas pada:
1. Pengelolaan data dan administrasi Pengguna sesuai dengan ketentuan hukum dan Undang Undang yang berlaku.
2. Mengungkapkan, mengumpulkan, menggunakan, memanfaatkan, menyimpan, mengelola, mentransfer, dan berbagi data.
3. Mempermudah proses pemanfaatan layanan di Dinaran berupa aktivitas transaksi, pembayaran, penjualan, permintaan cetak serta pengiriman emas.
4. Memberikan informasi dan notifikasi.

Dinaran memiliki fitur layanan yang dapat memiliki tautan ke website maupun aplikasi pihak ketiga lainnya. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas tindakan privasi dari pihak ketiga termasuk isi website-nya. Segala akibat yang terjadi terkait dengan aktifitas Pengguna yang mengunjungi website tersebut merupakan tanggung jawab Pengguna. Perusahaan memiliki hak untuk membagikan informasi diri Pengguna dalam hal kepentingan pengusutan kasus hukum, permintaan Pemerintah, proses hukum dan investigasi yang sesuai dengan permintaan yang diatur dalam ketentuan hukum dan undang-undang yang berlaku.

B. Ketentuan Profil Resiko Layanan
Perusahaan bertindak sebagai penyedia layanan transaksi jual beli emas serta berbagai fitur turunannya melalui platform digital yang bernama Dinaran. Semua data serta informasi yang ditampilkan adalah benar adanya sesuai kaidah penyampaian informasi yang berlaku secara wajar.
Investasi emas merupakan bentuk investasi yang juga memiliki resiko, hal tersebut disebabkan kemungkinan adanya perubahan harga dari waktu kewaktu, secara wajar, berdasarkan hukum pasar yang berlaku.
Keputusan seluruh bentuk transaksi yang dilakukan oleh Pengguna sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan resiko Pengguna.
Dengan menggunakan layanan Dinaran, berarti Pengguna dianggap telah memahami dan bertanggung jawab atas segala faktor resiko investasi yang mungkin timbul.
Perusahaan, dengan ini menyatakan TIDAK MENJAMIN KEUNTUNGAN DALAM BENTUK APAPUN JUGA kepada Pengguna, namun Perusahaan akan selalu, dari waktu ke waktu, memastikan keamanan dan kenyamanan transaksi terhadap seluruh Pengguna.

C. Fitur Layanan
1. Layanan Beli Emas
Layanan Beli Emas merupakan fitur layanan yang disediakan oleh Perusahaan untuk transaksi pembelian emas melalui platform digital Dinaran. Layanan ini mampu memberikan kemudahan kepada Pengguna untuk melakukan pembelian kapanpun dimanapun, dengan minimum pembelian emas untuk transaksi pertama kali setara 0,5 gram Emas (Konversi rupiah mengikuti harga emas saat itu). Untuk pembelian selanjutnya Pengguna tidak diharuskan melakukan pembelian sesuai gramasi minimum atau dengan kata lain pembelian dapat dilakukan berapapun.
Perlu diketahui bahwa nilai Emas bersifat fluktuatif sehingga memungkinkan adanya perubahan nilai saldo rupiah pada akun pengguna mengikuti harga yang berlaku pada aplikasi dinaran, namun nilai saldo/gramasi emas dalam akun Anda akan bersifat tetap. Saldo Emas akan mengalami kenaikan dan/atau penurunan jumlah manakala terjadi transaksi baru (beli, jual mapun beri emas).

2. Layanan Jual Emas

Layanan Jual Emas merupakan fitur layanan bagi Pengguna yang ingin menjual emas atau melakukan penarikan saldo rupiah yang ada dalam akun Pengguna, kapanpun, dimanapun tanpa ketentuan minimum gramasi Emas yang dimilikinya.
Dinaran bekerja sama dengan pihak ketiga yaitu Idcash, membantu memberikan kemudahan kepada Pengguna dalam melakukan transaksi jual menggunakan fasilitas kartu debit idcash yang berlaku di Mesin ATM serta mesin EDC Jaringan GPN.
Setiap penarikan tunai melalui ATM maupun transaksi pembelanjaan melalui mesin EDC dianggap sebagai transaksi Penjualan Emas Pengguna secara realtime tanpa perlu melakukan pengajuan permohonan jual terlebih dahulu melalui aplikasi.

3. Layanan Beri Emas
Layanan Beri Emas merupakan layanan transfer emas ke sesama pemilik akun Dinaran. Layanan ini berlaku tanpa minimum maupun maksimum transaksi dan dapat dilakukan kapanpun juga dimanapun selama memenuhi ketentuan penggunaan layanan oleh Pengguna.

4. Layanan Cetak serta Pengambilan Fisik Emas
Pembelian emas melalui platform digital Dinaran akan memberikan banyak kelebihan dibanding Pengguna melakukan pembelian emas secara fisik melalui counter atau toko emas konvensional yang tersedia di masyarakat. Selain transaksi jual beli dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, disamping itu Pengguna juga tidak perlu kesulitan menyimpan fisik emas yang beresiko kriminalitas tinggi (kehilangan, produk palsu, dan lainnya). Dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh Pengguna, Dinaran yang akan menjadi agen penitipan emas fisik milik Pengguna. Namun Pengguna tetap diperkenankan untuk mengambil fisik emas sesuai nilai emas yang ada dalam akun milik Pengguna. Dinaran memberikan layanan cetak serta pengambilan fisik emas (Logam Mulia) dengan cukup melakukan pengajuan kepada tim support Dinaran melalui aplikasi Dinaran.

5. Layanan Pihak Ketiga
Fitur layanan lain yang disediakan oleh Dinaran adalah dukungan kolaborasi antara Dinaran dengan Pihak Ketiga yaitu Id Cash, Ipaymu dan Viralmu dimana layanan tersebut memungkinkan adanya sinkronisasi secara sistematis terhadap segala transaksi maupun saldo pada akun Pengguna di sistem Dinaran, Idcash, Ipaymu serta Viralmu.
Berikut adalah bentuk layanan pihak ketiga tersebut :
- Ipaymu : memberikan layanan berupa fasilitas payment gateway yang akan memberikan kemudahan kepada Pengguna dalam hal opsi pembayaran pada saat transaksi Beli Emas melalui berbagai macam pilihan metode pembayaran.
- Idcash : memberikan layanan berupa fasilitas sistem pembayaran yang akan memberikan kemudahan kepada Pengguna saat melakukan transaksi Jual Emas melalui Tarik Tunai di mesin ATM serta mesin EDC menggunakan kartu debit Idcash edisi khusus Dinaran.
- Viralmu : memberikan layanan berupa fasilitas marketing agent (promoter) bagi Anda yang ingin bergabung menjadi Agent maupun Reseller Dinaran. Agent dan/atau Promoter berhak mendapatkan keuntungan untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh Pengguna menggunakan kode referral yang Agent dan/atau Promoter bagikan.

D. Ketentuan Penggunaan Akun
1. Registrasi Akun
- Registrasi hanya dapat dilakukan melalui Aplikasi Dinaran.
- Pengguna wajib melengkapi data awal yang diperlukan berupa nama lengkap, alamat email serta nomor telepon yang masih aktif.
- Pengguna selanjutnya wajib membuat username serta kata sandi demi keamanan akun Pengguna.
- Pengguna akan mendapatkan email notifikasi berupa link aktivasi akun baru Pengguna.
- Proses verifikasi akun dilakukan secara otomatis oleh sistem Dinaran.
- Tujuan verifikasi akun adalah untuk memastikan akun itu benar milik pribadi Pengguna, valid, dan tidak terjadi duplikat akun. Sehingga dapat menggunakan fitur layanan Dinaran secara keseluruhan.
- Akun yang tidak berhasil di verifikasi karena berbagai alasan dapat mungkin terjadi akibat kesalahan sistem maupun hal lainnya. Pengguna bisa menghubungi kontak Customer care untuk bantuan lebih lanjut.
- Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

2. Login
- Login hanya dapat dilakukan melalui Aplikasi Dinaran.
- Pengguna wajib login terlebih dahulu untuk dapat menggunakan layanan aplikasi Dinaran.
- Login dilakukan dengan menginput alamat email serta kata sandi yang dibuat oleh Pengguna pada saat Registrasi.
- Pengguna disarankan untuk melakukan perubahan kata sandi secara berkala demi keamanan akun Pengguna.
- Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

3. Saldo Akun
- Pengguna akan memiliki 2 (dua) tampilan saldo dalam akun Dinaran, yaitu Saldo Rupiah dan Saldo Emas.
- Masing-masing saldo akan berubah dan terkonversi secara otomatis sesuai dengan pergerakan nilai emas setiap harinya serta transaksi yang dilakukan oleh Pengguna (Beli, Jual maupun Beri Emas).
- Saldo rupiah yang terlihat pada akun Pengguna merupakan hasil perhitungan antara saldo emas pada akun Pengguna dikalikan harga jual yang berlaku pada saat itu.
- Saldo emas yang terlihat pada akun Pengguna merupakan akumulasi pergerakan transaksi seluruh transaksi setiap harinya (beli, jual maupun beri emas).
- Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
4. Proses Pembelian
- Harga emas berubah-ubah mengikuti harga emas dunia. Cut Off Time System otomatis berubah setiap harinya pada pukul 11:00 WIB. Harga emas merujuk pada harga publikasi harga Logam Mulia Antam ditambah.
- Harga beli emas yang tertera pada aplikasi belum termasuk biaya administrasi dan/atau biaya cetak emas fisik yang mungkin timbul sehubungan dengan adanya layanan dari pihak ketiga. Untuk daftar biaya bisa dilihat pada bagian Biaya-Biaya di syarat dan ketentuan ini.
- Setiap transaksi pembelian emas maka saldo yang terdapat dalam akun pengguna akan langsung dikonversi ke gramasi sesuai dengan harga emas yang berlaku saat transaksi, berapapun nominalnya.
- Emas yang telah dibeli, dititipkan secara fisik & tercatat secara otomatis di akun Pengguna tanpa ada biaya jasa titip dan batasan waktu serta dapat diambil kapan saja berdasarkan ketentuan layanan cetak emas yang telah ditetapkan oleh Dinaran.
- Emas yang dititipkan bisa di cetak atau dijual kembali di platform digital Dinaran mengikuti ketentuan layanan yang telah ditetapkan oleh Dinaran. - Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Selanjutnya tahapan nya sebagai berikut :
- Pilih menu “Beli Emas”.
- Masukan nominal pembelian emas yang Pengguna inginkan.
- Pilih opsi pembayaran yang tersedia dan selesaikan pembayaran sesuai batas waktu yang diberikan.
- Setelah pembayaran sukses, cek balance saldo Pengguna di aplikasi. Saldo rupiah dan Saldo Emas akan otomatis diperbaharui sesuai transaksi yang telah berhasil dilakukan.

5. Proses Penjualan
- Sebelum melakukan transaksi jual emas, pastikan Pengguna sudah melakukan verifikasi akun dan melengkapi data profil dengan data yang benar dan sesuai standar ketentuan aplikasi Dinaran dan Idcash.
- Tidak ada batasan minimum nominal penjualan emas.
- Layanan jual sepenuhnya hanya dapat dilakukan melalui layanan kartu debit Idcash, baik transaksi penarikan tunai pada mesin ATM maupun pada mesin EDC yang terdaftar di Idcash.
- Maksimal transaksi jual emas melalui transaksi kartu debit ID Cash mengikuti ketentuan limit yang berlaku pada layanan dari Idcash.
- Harga jual emas dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti pergerakan harga emas pada saat itu.
- Proses penjualan emas dilakukan secara realtime selama 24 jam setiap hari.
- Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

6. Aktivasi Kartu Debit Idcash
- Setelah melakukan transaksi pembelian pertama kali, Pengguna akan mendapatkan notifikasi konfirmasi ketentuan layanan penggunaan Kartu Debit Idcash khusus Dinaran.
- Pengguna wajib membaca, memahami dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
- Pengguna wajib memberikan alamat surat menyurat secara lengkap dan benar untuk keperluan pengiriman kartu.
- Pengguna akan diminta melengkapi profile Pengguna untuk keperluan KYC lebih lanjut dengan mengisi field yang diminta dalam aplikasi.
- Syarat dan ketentuan lain tercantum dalam Starter Pack Kartu yang dikirimkan kepada Pengguna.

7. Proses Beri Emas
- Sebelum lakukan Beri emas, pastikan Pengguna sudah melakukan verifikasi akun dan melengkapi data profil dengan data yang benar dan sesuai.
- Tidak ada batasan minimum untuk melakukan layanan Beri Emas.
- Fitur Beri Emas hanya dapat dilakukan dengan menggunakan Saldo Emas.
- Batasan maksimum layanan Beri Emas adalah Rp 25.000.000 Per Hari.
- Input nomor handphone harus dengan awalan ” 08 ” dan dilanjutkan dengan digit nomor handphone penerima.
- Dinaran berhak membatalkan transaksi yang mencurigakan dan tidak sesuai dengan ketentuan layanan yang berlaku.
- Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Selanjutnya tahapan nya sebagai berikut :
- Pilih menu “Beri Emas”.
- Input nomor handphone penerima emas yang akan dikirim.
- Pastikan Input nomor handphone dengan awalan ” 08 ” lalu dilanjutkan dengan digit nomor handphonenya.
- Klik selanjutnya, lalu input nominal satuan gram yang ingin dikirim.
- Konfirmasi layanan Beri Emas yang muncul lalu verifikasi dengan masukkan nomor PIN akun Pengguna.
- Layanan Beri Emas berhasil.
- Silahkan cek saldo terbaru pada akun Pengguna.

8. Biaya-biaya
Pengguna dengan ini setuju atas setiap biaya transaksi yang dibebankan dalam menggunakan seluruh fasilitas fitur layanan yang diberikan oleh Perusahaan.
Perusahaan berhak, sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna untuk mengubah ketentuan biaya layanan.
Pengguna setuju bahwa seluruh biaya yang timbul akibat layanan transaksi yang dilakukan oleh Pengguna yang berasal dari fasilitas milik Mitra Perusahaan menjadi tanggung jawab Pengguna.
Perusahaan akan mencantumkan seluruh ketentuan biaya layanan dan melakukan perubahan, setiap kali ada perubahan, secara berkala diseluruh media informasi milik Perusahaan untuk dapat diketahui oleh Pengguna.

Daftar dan besaran biaya yang dimaksud adalah sebagai berikut :
NO. JENIS LAYANAN BIAYA (RP)
Layanan Transaksi Pembelian Payment Gateway – Ipaymu
1 Virtual Account
- VA CIMB NIAGA
- VA BNI
- VA Bank Artha Graha
- VA Mandiri

3.500
3.500
3.500
4.000
2 Convenience Store
- Alfamart
- Indomaret

4000
4000
3 QRIS 0.7%
Layanan Transaksi Penjualan Emas - Idcash
1 Penerbitan Kartu Debit Idcash 25.000
2 Biaya Administrasi Kartu Bulanan 2.000
3 Tarik Tunai ATM Non Bank Artha Graha (Jaringan GPN) 7.500
4 Tarik Tunai ATM Bank Artha Graha Free
5 Kartu Tidak Aktif/Bulan* 15.000
6 Biaya Pengiriman Kartu Free
Layanan Beri Emas Free
E. Ketentuan Pembayaran
Pengguna memahami bahwa setiap transaksi yang dilakukan melalui layanan yang tersedia dalam Dinaran dilakukan atas kehendak dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna. Dalam kondisi transaksi terjadi di luar kuasa Pengguna, baik secara sengaja maupun tidak sengaja, Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kerugian yang mungkin timbul atasnya.
Seluruh transaksi yang dilakukan dalam akun Pengguna dapat dilakukan melalui kanal yang Perusahaan dan/atau mitra Perusahaan sediakan, termasuk melalui kanal bank-bank tertentu atau saluran pihak ketiga lain yang Perusahaan informasikan. Layanan ini dapat dikenakan biaya tertentu yang mana dapat berbeda tergantung dari setiap kanal.
Pengguna memahami bahwa segala bentuk transaksi yang dilakukan melalui Mitra Platform Resmi atau kanal pihak ketiga dapat mengalami gangguan sistem dan/atau jaringan dari waktu ke waktu dari sisi Mitra Platform Resmi dan/atau pihak ketiga lainnya. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas gangguan tersebut, namun jika Perusahaan menerima keluhan dari Pengguna tentang masalah tersebut, maka Perusahaan dapat, berdasarkan kebijaksanaan Perusahaan, meneruskan keluhan Pengguna kepada Mitra Platform Resmi tersebut atau kepada pihak ketiga terkait untuk tindak lanjutnya.
Dalam hal transaksi Penarikan (withdraw) saldo saat melakukan penjualan emas melalui kartu debit Idcash dan/atau transaksi Beri Emas, maka nilai maksimum transaksi hanya dapat dilakukan dan/atau terverifikasi maksimal senilai saldo akun Pengguna pada saat akan melakukan transaksi tersebut, dikurangi biaya jasa yang berlaku. Perusahaan akan menginformasikan biaya jasa yang berlaku tersebut dari waktu ke waktu.
Perusahaan dapat menetapkan nilai minimal maupun maksimal penjualan dan/atau penarikan (withdraw) yang dapat Pengguna otorisasi untuk setiap transaksi. Perusahaan akan menginformasikan dari waktu ke waktu nilai minimal dan maksimal tersebut yang berlaku.
Setiap kendala dan/atau kerugian yang timbul pada saat transaksi terkait karena kegagalan sistem Mitra Platform Resmi atau sistem pihak ketiga lainnya tidak akan menjadi tanggung jawab Perusahaan. Namun, jika Perusahaan menerima keluhan dari Pengguna tentang masalah tersebut, maka Perusahaan dapat, berdasarkan kebijaksanaan Perusahaan, meneruskan keluhan Pengguna kepada Mitra Platform Resmi tersebut atau kepada pihak ketiga terkait untuk tindak lanjutnya.

F. Perselisihan
Layanan ini dibuat, ditafsirkan dan dilaksanakan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia.
Setiap perselisihan yang timbul sehubungan dengan layanan ini, akan diupayakan untuk diselesaikan terlebih dahulu oleh Perusahaan dan Pengguna dengan melaksanakan musyawarah untuk mufakat.
Apabila penyelesaian perselisihan secara musyawarah tidak berhasil mencapai mufakat sampai dengan 30 (tiga puluh) Hari Kalender sejak dimulainya musyawarah tersebut, maka Perusahaan dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui proses pengadilan.
Perusahaan dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan perselisihan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta tanpa mengurangi hak dari salah satu untuk mengajukan gugatan pada domisili pengadilan lainnya (nonexlusive jurisdiction).
Tanpa mengesampingkan penyelesaian sengketa atau perselisihan melalui pengadilan negeri, Para Pihak setuju dan sepakat apabila penyelesaian sengketa atau perselisihan di badan arbitrase dan badan alternatif penyelesaian sengketa yang ditunjuk oleh otoritas maupun regulator berwenang lainnya.
Hasil putusan pengadilan negeri maupun badan arbitrase dan badan alternatif penyelesaian sengketa yang ditunjuk oleh otoritas maupun regulator berwenang lainnya bersifat final dan mempunyai kekuatan hukum tetap dan mengikat bagi Perusahaan dan Pengguna.

G. Media Komunikasi Bagi Pengguna
Guna meningkatkan layanan terhadap Pengguna, serta untuk memenuhi ketentuan perlindungan konsumen, dengan ini Perusahaan menyediakan fitur layanan Customer Care melalui fitur chat online pada website Dinaran dan melalui aplikasi pesan singkat (Whatsapp) sesuai yang tercantum pada alamat website perusahaan www.dinaran.id maupun aplikasi Dinaran.
Layanan customer care bertujuan untuk melayani segala bentuk pertanyaan, permohonan, bantuan penggunaan dan kendala teknis serta layanan pengaduan dan complain dari seluruh Pengguna.
Segala bentuk komunikasi yang tidak bisa diselesaikan melalui bantuan Customer Care akan ditindak lanjuti oleh Perusahaan sesuai ketentuan yang berlaku di Perusahaan.